Posted by : astrisimbolon Jumat, 28 April 2017

1. Sepanjang Masamu Bersekolah Disana, Kamu Akan Sering Ditodong Pertanyaan: Kenapa SMK?


Kita tentu punya sekolah idaman untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMP. Namun, orang tua bermaksud agar kamu masuk SMK saja. Faktor ekonomi seringkali jadi alasan, maksudnya biar bisa lekas bekerja dan ikut membantu keluarga nantinya.
Kalo kamu masuk SMA, ibuk ndak punya dana buat kamu lanjutin kuliah. SMK aja ya le, biar dapet keahlian buat kerja bantuin ibuk. Kalaupun nanti mau kuliah dan ada dana, ndak dibedakan to ijazahnya?

Otomatis kamu hanya punya pilihan tunggal: SMK! Keadaan ini membuatmu mulai setuju dengan plesetan: Sekolah Menengah Kaya Kere dan Sekolah Menuju Kerja.

2. Belum Juga Mulai Sekolah, Kamu Sudah Harus Memilih Jurusan



Jika anak SMA menentukan jurusan saat kenaikan kelas XI, anak SMK sudah harus melakukannya di awal proses pendaftaran. Kamu dihadapkan pilihan yang nggak gampang: milih jurusan yang akan menjadi hidupmu 3 tahun kedepan atau 4 tahun untuk program khusus. Di masa ini kamu merasakan hal yang sama kayak milih jurusan kuliah. Menimang antara minat, bakat, dan peluang kerja ketika udah lulus nanti. See, udah mikir karir sejak lulus SMP!

3. Awal-Awal Menjadi Siswa SMK, Ada Banyak Yang Menganggapmu Sebelah Mata


Temanmu : Hei, jadi sekolah di mana?
Kamu : SMK X. Lo?
Temanmu : Kok SMK sih?
(dengan mimik prihatin, kaget dan memandang rendah)
Lo gak lulus seleksi di SMA idaman kita ya? Gue di SMA idaman kita dulu, wah kalo lo sekolah di SMK berarti ga bisa nyaingin gue lagi deh.
Kamu : …. (Diam setengah dongkol)
Temanmu : (Lihatin seragammu) Loh kamu SMK?
Kamu : (Ngangguk)
Temanmu : Sayang banget dong prestasimu selama SMP ga bisa lanjut? Hmm sayang ya jadi ga bisa ikut OSN lagi. SMA aja napa sih, kayak kita-kita…
Kamu : ….

4. Tak Jarang, Kamu Juga Akan Dicap Nakal



{ 2 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © cerita anak SMK - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -